Monday, June 2, 2008

Flek Paru Pada Anak

Flek paru merupakan infeksi pada jaringan paru yang disebabkan oleh kuman Micobacterium tuberculose. Dalam istilah medis, flek paru itu identik dengan TBC paru.
TBC sendiri adalah penyakit menular di mana kuman TBC tersebut biasanya masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara pernafasan ke dalam paru. Kemudian kuman tersebut menyebar dari paru ke bagian tubuh lainnya, melalui sistem peredaran darah, sistem saluran limfe, melalui saluran nafas (bronchus) atau penyebaran langsung ke bagian-bagian tubuh lainnya. TB dapat terjadi pada semua kelompok umur, baik di paru maupun di luar paru.
Biasanya, gejala penyakit tuberkulosis adalah: batuk lebih dari 3 minggu, demam, berkeringat pada malam hari tanpa kegiatan, berat badan menurun. Semakin buruk daya tahan tubuh seseorang, semakin banyak dan parah gejala yan dialaminya.
Memang, untuk mengobati flek paru harus minum obat secara terus menerus selama 6 bulan. Bila tidak, maka kuman akan tetap bersarang pada tubuhnya dan berpotensi untuk menularkannya pada orang lain melalui udara yang sudah tercemar dengan kuman TB ini, melalui batuk atau dahak yang dikeluarkan.
Badan anak anda tetap kurus kendati sudah makan banyak, sebenarnya disebabkan beberapa faktor, misalnya faktor keturunan, ada masalah di sistem pencernaan dan ada gangguan di kelenjar tiroid. Untuk mengetahui penyebabnya secara pasti memang membutuhkan pemeriksaan yang akurat. Jika anak anda suka madu, bisa diberikan madu yang dicampur dengan susu hangat. Madu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan daya tahan tubuh.

No comments: